Kamis, 05 April 2012

Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara pada hakekatnya tidak lain adalah persatuan - kesatuan / keutuhan Nusantara, cara pandang yang selalu utuh menyeluruh / serba Nusantara / mendahulukan kepentingan nasional (nasionalisme) yang sangat diperlukan dan merupakan syarat mutlak untuk mencapai Tujuan Nasional Bangsa Indonesia seperti tercantum dalam Mukadimah Undang-Undang dasar 1945 yaitu :
1.    Melindungi segenap Bangsa Indonesia
2.    Mencerdaskan kehidupan bangsa
3.    Ikut mewujudkan perdamaian dunia

Paham Kekuasaan
             Bangsa Indonesia yang berfalsafah dan berideologi pancasila menganut paham tentang perang dan damai: “Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan.” wawasan nasional bangsa indonesia tidak mengggambarkan ajaran tentang kekuasaan Dan adu kekuatan, karena hal tersebut mengandung benih-benih persengketaan dan ekspansinisme. Ajaran wawasan nasionasl bangsa indonesia menyatakan bahwa: Ideologi digunakan sebagai landasan idiil dalam menentukan politik nasional, dihadapkan pada kondisi dan konstelasi geografi indonesia dengan segala aspek kehidupan nasionalnya. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia dapat menjamin kepentingan bangsa dan negaranya di tengah-tengah perkembangan dunia.

Teori Geopolitik
           Pemahaman tentang kekuatan dan kekuasaan yang dikembangkan di Indonesia didasarkan pada pemahaman tentang paham perang dan damai serta disesuaikan dengan kondisi dan konstelasi geografi indonesia. Sedangkan pemahaman tentang negara Indonesia menganut paham negara kepulauan, yaitu paham yang dikembangkan dari asas  archipelago di negara-negara barat pada umumnya. Perbedaan yang esensial dari pemahaman ini adalah bahwa menurut paham barat, laut berperan sebagai “pemisah” pulau, sedangkan menurut paham Indonesia laut adalah “penghubung” sehingga wilayah negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai “Tanah Air” dan disebut Negara Kepulauan.

Referensi:
( sumber: Pendidikan Kewarganegaraan, S.Sumarsono, 2001:63 – 64 )
(http://id.wikipedia.org/wiki/Wawasan_Nusantara )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar